Jumat, 14 Februari 2014

TANGGAP DARURAT BENCANA ALAM 
MELETUSNYA GUNUNG KELUD DI WILAYAH KERJA KECAMATAN DOLOPO



         Dampak meletusnya gunung Kelud yang membuat Kabupaten Madiun termasuk Kecamatan Dolopo mengalami hujan abu direspon cepat oleh RSUD Dolopo dengan melakukan kegiatan tanggap darurat   bencana alam, yaiu dengan kegiatan pembagian masker bagi para pengguna jalan di pinggir jalan raya RSUD Dolopo. Pembagian dilakukan pada Jumat (14/2/2014) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Seluruh masker dibagikan di sekitar jalan raya RSUD Dolopo tepat di pinggir jalan oleh karyawan dan karyawati RSUD Dolopo dibantu dari pihak kepolisian Polsek Dolopo. 






        Masker ini sangat penting mengingat abu di Dolopo tergolong tebal dan bermanfaat bagi para pejalan kaki, pengendara roda dua atau pun roda empat, sehingga bisa mencegah gangguan pernapasan. Di samping masker disarankan pula menggunakan kacamata, topi dan jas hujan. Para pengguna jalan  sangat antusias merespon pembagian masker ini dan sangat berguna, karena banyaknya debu dan jarak pandang yang terbatas secara normatif bervariasi, antara 3-5 meter. Dihimbau kepada para pengguna jalan berhati-hati karena jalanan yang licin akibat debu. 
Bagi yang menderita asma tidak dianjurkan untuk keluar rumah. Diwaspadai juga, bagi masyarakat yang menggunakan atap non permanen, banyaknya debu yang menempel mengakibatkan berat sehingga mudah ambruk, begitu juga dengan ranting pohon,abu vulkanik memang tidak terlihat secara kasat mata. Jika tidak menggunakan penutup, maka mata akan terasa pedih dan pernafasan akan terganggu.
    
Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy paste-berita, artiel, maupun tips dari "Pujapo Jaya" jika artikel, berita dan tipz-tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan