Kamis, 07 November 2013

PEMBINAAN ADMINISTRASI TAMAN POSYANDU DALAM RANGKA HKG-KB-KESEHATAN TAHUN 2013

PEMBINAAN ADMINISTRASI TAMAN POSYANDU
DALAM RANGKA HKG-KB-KESEHATAN TAHUN 2013


        Dalam rangkaian kegiatan HKG-KB-Kesehatan Tahun 2013,Tim Penggerak PKK Kecamatan Dolopo mengadakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya adalah Pembinaan administrasi Taman Posyandu yang langsung dibina dari Tim Kabupaten pada tanggal 22 Oktober 2013, bertempat di Aula Kantor Desa Dolopo.Tim Pembina merupakan gabungan lintas sektor dari dinas-dinas terkait, diantaranya TP PKK Kabupaten Pokja II, yang dihadiri langsung oleh ketua Pokja II TP PKK Kabupaten Madiun Ibu Benny Adiwijaya, selaku ketua rombongan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB), Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun. Untuk peserta dari Ketua Tim Penggerak PKK Desa, kader PAUD, kader Posyandu, Kader BKB dan Bidan Desa dari masing-masing desa se-Kecamatan Dolopo.
            Pembinaan Adiministrasi Taman Posyandu ini bertujuan untuk memantapkan kader yang merupakan 
ujung tombak dari keberhasilan program Taman Posyandu. Diharapkan dapat menambah pengetahuan kader dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran bagi anak usia 0-3 tahun. Pembinaan ini meliputi pengadministrasian seluruh kegiatan di Taman Posyandu, selain itu juga pemberian materi-materi tambahan dari dinas-dinas terkait untuk menambah pengetahun kader Taman Posyandu. Selain itu Kader juga mendapatkan buku Pedoman Pembelajaran bagi anak usia 0-3 tahun yang berisi tentang penjabaran umum tentang pokok-pokok penyelengaraan pelayanan pengembangan anak Usia Dini Holistik-Integratif yang mencakup : 
1. Pertumbuhan dan perkembangan Anak Usia  0-3 tahun
2. Pola Pengasuhan (Stimulasi) tumbuh kembang Anak usia 0-3 tahun
3. Implementasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan Gizi di Taman Posyandu
4. Rencana Kegiatan Harian untuk usia 0-1 tiahun, 1-2 tahun, 2-3 tahun
5. Evaluasi perkembangan anak
Tim Penggerak PKK merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan masyarakat telah mengambil langkah besar dalam pembangunan SDM masa depan dengan pencanangan ' Gerakan 10.000 Taman Posyandu Jawa Timur' yang diharapkan tercapai pada akhir 2013. Taman Posyandu adalah Paud yang di integrasikan dengan Posyandu dan BKB. Keberadaan Taman Posyandu sebagai bentuk Program Pengembangan AnakUsia Dini Holistik Integratif memberikan layanan pendidikan lebih lengkap baik di rumah (home base) maupun di luar rumah (center base).
Diharapkan dengan kegiatan rutin pemantauan dan pembinaan Taman Posyandu dari Tim Kabupaten dapat memotivasi para kader untuk lebih aktif dan semangat dalam pelaksanaan kegiatan rutin di Taman Posyandu, sehingga tujuan utama dari pembentukan Taman Posyandu dapat tercapai sesuai dengan yang kita harapkan bersama yaitu memberikan layanan lengkap yang berujung pada kepentingan anak usia dini untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, yang meliputi gizi, kesehatan, pembinaan orang tua, perlindungan dan rangsangan pendidikan. Dari semua program ini akan berhasil dengan baik dengan adanya satu kesatuan dan kerjasama lintas sektoral dari dinas-dinas terkait.
Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy paste-berita, artiel, maupun tips dari "Pujapo Jaya" jika artikel, berita dan tipz-tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan