Senin, 04 November 2013

PEMBINAAN TAMAN POSYANDU DI DESA KRADINAN

PEMBINAAN TAMAN POSYANDU DESA KRADINAN

        Tim penggerak PKK Kecamatan Dolopo bekerjasama lintas sektor dengan tim PLKB, Dinas UPT dan Puskesmas mengadakan kegiatan rutin pembinaan Taman Posyandu di desa-desa se-Kecamatan Dolopo. Target utama dari tim gabungan lintas sektor ini adalah pembentukan Taman Posyandu di tiap Desa, minimal satu desa satu taman posyandu percontohan.

           Untuk tahun 2013 semua desa telah memiliki satu taman posyandu percontohan, yang rutin dibina tim gabungan dari Kecamatan. Dari satu taman posyandu percontohan ditiap desa tersebut diharapkan bisa membina dan membentuk taman posyandu baru di desa tersebut sehingga untuk setahun ke depan seluruh posyandu di desa tersebut telah menjadi Taman posyandu yang mandiri.
       Kegiatan pembinaan ini terutama di fokuskan untuk pembinaan administrasi dan pembinaan kader terutama pembagian tugas yang membidangi masing bidang, sehingga tidak ada kader yang terbebani banyak tugas dan bertumpuk tumpuk, karena kader sukarelawan ini merupakan ujung tombak jalan tidaknya Taman Posyandu tersebut.  
           Sebagai contoh pembinaan rutin yang dilakukan di desa Kradinan, pembentukan Taman Posyandu di desa Kradinan diawali dengan pemilihan posyandu yang akan dijadikan Taman Posyandu percontohan, minimal strata posyandu dan persyaratan harus dipenuhi terlebih dahulu, setelah itu melangkah ke pembinaan administrasi dan pembinaan kepada kader terutama tentang pembagian tugas yang jelas diantara para kader BKB, Kader Posyandu dan Kader PAUD. Keberhasilan program Taman Posyandu ini tidak lepas dari kerjasama lintas sektor  yang berkesinambungan dan terus menerus. Dengan tekad dan kekompakan seluruh tim pembina kita berharap ditahun 2015 seluruh posyandu di Kecamatan Dolopo dapat menjadi Taman posyandu yang mandiri, sehingga program Pemerintah terutama untuk menurunkan angka kematian Ibu Bayi dan balita dapat terealisasi dan terwujud generasi penerus bangsa yang kuat, sehat, pandai ...aminnn.
Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy paste-berita, artiel, maupun tips dari "Pujapo Jaya" jika artikel, berita dan tipz-tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan