Selasa, 12 November 2013

BAHAYA DEMAM BERDARAH

BAHAYA DEMAM BERDARAH

        Penyakit Demam Berdarah dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Kaya atau miskin, tua atau muda, laki-laki atau perempuan dapat diserang olehnya. Bila terlambat penanganannya, resiko paling fatal yang dapat terjadi yaitu kematian. Demam Berdarah sudah menjadi endemis di Indonesia termasuk di kecamatan Dolopo, artinya bisa terjadi sepanjang tahun dan meningkat pada musim hujan atau pancaroba. Penularan DB dilakukan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.
   
    Gejala klasik dari DB adalah demam tinggi disertai nyeri otot (mialgia) dan nyeri sendi (apalgia), sehingga badan terasa capek. Hal ini di ikuti dengan munculnya bintik/bercak perdarahan di bawah kulit. Namun kadang-kadang gejala klasik ini tidak tampak sehingga kewaspadaan menurun. Bila digambarkan dalam bentuk grafik, maka demam pada penderita DB akan berbentuk seperti pelana kuda, dimana:
           Hari ke 1-3 demam tinggi
           Hari ke 4-5 demam turun
           Hari ke 6-7 demam tinggi

Gejala pada anak biasanya lebih berat, karena :

1. Kekebalan tubuh anak umumnya kurang kuat 
2. Anak sulit minum, bahkan ketika di rumah sakit pun sering tidak makan minum hanya menangis, padahal obat utama Demam Berdarah adalah kecukupan pada jumlah cairan
3. Anak belum mengerti arti vital sign, sehingga tidak memberitahu orangtua,  Akibatnya pada banyak kasus anak di bawa ke RS dalam kondisi shock. Kondisi shock menjadi titik kritis terjadi kematian atau tidak karena pada saat itu cairan darah keluar dari pembuluh darah.

Penanganan Demam Berdarah :
1. Berikan obat penurun panas saat demam tinggi
    Demam akan berulang saat kekuatan obat habis
2. Lakukan pemeriksaan laboratorium bila demam lebih dari 2 hari
    Biasanya dari pemeriksaan itu terlihat jumlah trombosit menurun (<100.000/mm3)
    dan indikator kekentalan darah (hematokrit) meningkat
Selain obat-obat modern, terapi herbal yang sering digunakan masyarakat adalah buah jambu biji, angkak,  jus buah jambu biji, jus buah jambu merah, buah angco.
Karena daun jambu biji mengandung senyawa tanin dan flavonoid quercetine yang dapat menghambat aktivitas enzim reverse transcriptase yang berarti menghambat pertumbuhan virus berinti RNA (termasuk virus Dengue), jus jambu biji juga diduga kuat dapat mempercepat penyembuhan pasien DBD. Buah jambu biji mengandung vitamin dan zat gizi yang cukup lengkap diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, karbohidrat, fosfor, besi, protein, lemak dan air. Kandungan zat gizi itulah yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh pasien guna melawan virus penyebab DBD.
Tidak ada obat yang secara spesifik mengatasi virus Dengue, pengobatan hanya mengatasi gejalanya.

Pencegahan Demam Berdarah
1. Mempunyai pola hidup sehat, seperti makan makanan yang bergizi, olah raga
     yang teratur dan istirahat yang cukup
2. Saat memasuki musim pancaroba, tingkatkan kebersihan rumah dan lingkungan
     Lakukan pemberantasan sarang nyamuk ldengan 3M plus, yaitu :
         - Menguras tempat berkembang biak jentik
         - Menutup wadah air
         - Mengubur kaleng dan ban bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk
     Plus
         - Menggunakan kawat kasa
         - Menggunakan kelambu saat tidur siang
         - Menggunakan obat nyamuk oles, bakar atau semprot
         - dll
3. Melakukan fogging untuk mematikan nyamuk dewasa dan pemberian bubuk
     abate dibak mandi / tandon air untuk mematikan jentik.
   

           Segala tindakan pencegahan DB telah banyak dilakukan oleh pemerintah khususnya di Kecamatan Dolopo, bekerjasama dengan dinas terkait dan PKK, karena wilayah Dolopo merupakan daerah endemis penyebaran DB terutama pada musim pancaroba seperti sekarang ini.

1.Melalu kegiatan PKK, mengembangkan   program dimasing-masing pokja untuk  ikut memotivasi masyarakat melalui penyuluhan-penyuluhanagar melakukan
pencegahan DB. Lewat posyandu dikembangkan kegiatan misalnya adanya shodaqoh sampah, terutama sampah plastik, sehingga ibu ibu dapat lebih menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan limbah menjadi bahan         yang bisa lebih bermanfaat.
2. Menggalakkan kegiatan jumat ato minggu bersih, yaitu kegiatan di lingkungan tem
    pat tinggal untuk bersama sama bekerja bakti membersihkan lingkungan secara
    sukarela, dan menempel stiker tanda jentik nyamuk dirumah warga yang kedapat
    an jentik nyamuknya, apabila 2 kali berturut turut ditemukan jentik nyamuk di ru
    mah tersebut, maka minggu depan rumah tersebut menjadi sasaran utama kerja
    bakti lingkungan secara gotong royong
3. Bekerja sama dengan dinas terkait untuk rutin melakukan fogging di daerah yang
    rawan perkembangan jentik nyamuk dan virus Dengue, maupun di daerah yang
    memang sudah ada korban dari penyakit DB tersebut, sehingga tidak semakin me
    lar dan mewabah di daerah tertentu.

            Pencegahan Demam Berdarah tidak terlepas dari niat kita untuk selalu hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. Di mulai dari lingkungan sekitar kita mari kita biasakan hidup sehat karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat....

Sumber : hendy prasetyo blogspot dan berbagai nara sumber
     


2 komentar :

  1. Ada Obat Herbal Alami yang aman & efektif. Untuk Panggilan Cure Total +2349010754824, atau email dia drrealakhigbe@gmail.com Untuk Janji dengan (Dr.) AKHIGBE hubungi dia. Pengobatan dengan Obat Herbal Alami. Untuk: Demam Berdarah, Malaria. Menstruasi yang Nyeri atau Tidak Teratur. HIV / Aids. Penderita diabetes. Infeksi vagina. Keputihan Vagina. Gatal Dari Bagian Pribadi. Infeksi payudara. Debit dari Payudara. Nyeri & Gatal pada Payudara. Nyeri perut bagian bawah. Tidak Ada Periode atau Periode Tiba-tiba Berhenti. Masalah Seksual Wanita. Penyakit Kronis Tekanan Darah Tinggi. Rasa sakit saat berhubungan seks di dalam Pelvis. Nyeri saat buang air kecil. Penyakit Radang Panggul, (PID). Menetes Sperma dari Vagina Serta Untuk jumlah sperma rendah. Penyakit Parkinson. Lupus. Kanker. TBC Jumlah sperma nol. Bakteri Diare.Herpatitis A&B, Rabies. Asma. Ejakulasi cepat. Batu empedu, Ejakulasi Dini. Herpes. Nyeri sendi. Pukulan. Ereksi yang lemah. Erysipelas, Tiroid, Debit dari Penis. HPV. Hepatitis A dan B. STD. Staphylococcus + Gonorrhea + Sifilis. Penyakit jantung. Pile-Hemorrhoid. Rematik, tiroid, Autisme, pembesaran Penis, Pinggang & Nyeri Punggung. Infertilitas Pria dan Infertilitas Wanita. Dll. Ambil Tindakan Sekarang. hubungi dia & Pesan untuk Pengobatan Herbal Alami Anda: +2349010754824 dan kirimkan email ke drrealakhigbe@gmail.com Catatan Untuk Pengangkatan dengan (Dr.) AKHIGBE. Saya menderita kanker selama setahun dan tiga bulan meninggal karena sakit dan penuh patah hati. Suatu hari saya mencari melalui internet dan saya menemukan kesaksian penyembuhan herpes oleh dokter Akhigbe. Jadi saya menghubungi dia untuk mencoba keberuntungan saya, kami berbicara dan dia mengirim saya obat melalui jasa kurir dan dengan instruksi tentang bagaimana meminumnya. Untuk kejutan terbesar saya minum obat herbal dalam waktu tiga minggu saya mendapat perubahan dan saya sembuh total . Saya tidak benar-benar tahu bagaimana itu terjadi tetapi ada kekuatan dalam pengobatan herbal Dr Akhigbe. Dia adalah dokter jamu yang baik.

    BalasHapus
  2. Saya didiagnosis Herpes 2 tahun yang lalu dan saya telah mencoba semua cara yang mungkin untuk mendapatkan obatnya tetapi tidak berhasil, sampai saya melihat sebuah posting di forum kesehatan tentang seorang Dokter Herbal (Dr Akhigbe) yang menyiapkan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan semua jenis. penyakit termasuk Herpes, pada awalnya saya ragu, apakah itu nyata tetapi memutuskan untuk memberinya percobaan, ketika saya menghubungi Dr Akhigbe melalui Emailnya: drrealakhigbe@gmail.com dia membimbing saya dan menyiapkan obat herbal dan mengirimkannya kepada saya melalui jasa pengiriman kurir, ketika saya menerima paket (jamu) Dia memberi saya petunjuk tentang cara mengkonsumsinya, saya mulai menggunakannya seperti yang diperintahkan dan saya berhenti mendapatkan wabah dan luka mulai menghilang, bisakah Anda percaya saya sembuh dari virus mematikan ini dalam dua hingga tiga minggu dan pemberitahuan perubahan di tubuh saya. Berhari-hari menggunakan PEMULIHAN ini, tidak bisa mempercayai penyembuhan pada awalnya sampai saya melihatnya sebagai HERPES saya sembuh seperti sihir Dr Akhigbe juga menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit seperti, HIV, HERPES, KANKER, ALS, PENYAKIT KRONIS, PENYAKIT JANTUNG , LUPUS, ASTHMA, DIABETES HEPATITIS A DAN B.ECZEMA, BACK PAIN, INFEKSI EKSTERNAL, ASTHMA, MALARIA, DEMAM BERDARAH, BACTERIA DIARRHEA, RABI, PROGERIA, MENINGITIS, EPILEPSI, STONE, GULA HULU, GELOMBANG HUBUNGI JUGA, GULA HAK THYROID, DINGIN & FLU, PENYAKIT GINJAL, ACME. API LUKA. dll. Hubungi dokter herbal yang hebat ini hari ini bapak obat herbal. via Email: drrealakhigbe@gmail.com atau whatsapp dia +2349010754824 dan sembuh secara permanen. Dia nyata..website: https: drrealakhigbe.weebly.com

    BalasHapus

Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy paste-berita, artiel, maupun tips dari "Pujapo Jaya" jika artikel, berita dan tipz-tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan