Senin, 11 November 2013

PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN di KANTOR KEC. DOLOPO

   Pemanfaatan lahan pekarangan merupakan salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan dalam rumah tangga, kenapa bisa demikian? karena dengan kegiatan ini sudah barang tentu masyarakat akan menjadi terbiasa dan terdidik untuk memanfaatkan potensi yang ada walau hanya sejengkal tanah. Soal kebutuhan pangan dan gizi keluarga tidak perlu dipusingkan lagi, pendapatan keluarga juga akan bertambah.

  Jika dikelola dengan baik pekarangan rumah dapat memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga seperti : tempat bermain, tempat rekreasi, sumber pangan dan juga sebagai sumber pendapatan. berikut adalah fungsi dan manfaat pekarangan :
  1. Pemenuhan Gizi Keluarga: ada beberapa tanaman, ternak dan ikan yang dapat dipelihara dipekarangan dan menghasilkan makanan yang dibutuhkan keluarga. seperti buah dan umbi-umbian sebagai sumber vitamin, sedangkan ternak dan ikan sebagai  sumber protein dan lemak.
  2. Sebagai Lumbung Pangan: hasil dari usaha pekarangan dapat diambil sewaktu-waktu dan tidak ada musim pacekliknya.
  3. Apotik Hidup : pekarangan dapat ditanami berbagai tanaman obat yang berkhasiat bagi kesehatan.
  4. Menambah Penghasilan : pekarangan yang dikelola dengan baik misalkan ditanami sayur mayur atau yang lainnya hasilnya dapat dijual sebagai sumber pendapatan keluarga.
  5. Menghasilkan Bahan Bangunan : Jenis tanaman pohon seperti bambu, kelapa,nangka dan tanaman lain dapat dijadikan bahan bangunan dan kerajinan rumah tangga.
  6. Sebagai Tempat Rekreasi Keluarga : pekarangan yang ditata dan dirawat secara teratur akan memberikan keindahan dan rasa tentram bagi orang yang melihatnya serta membuat kita betah untuk tinggal dirumah.
Seperti dihalaman Kecamatan Dolopo ini misalnya, meskipun cuma ada sejengkal tanah kosong tapi dapat dimanfaatkan dengan ditanami bunga, apotik hidup, buah serta sayur mayur. Selain membuahkan hasil, tanaman tanaman ini juga menambah asri pekarangan. Menanam pasti memetik hasilnya, dan tanaman cabe, terong, tomat serta melon yang ada dihalaman belakang Kantor Kecamatan Dolopo tinggal menunggu panennya.

Ayo manfaatkan pekarangan anda sebaik mungkin, mulai sekarang tidak ada kata terlambat.




Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy paste-berita, artiel, maupun tips dari "Pujapo Jaya" jika artikel, berita dan tipz-tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan