Kamis, 13 Maret 2014

SOSIALISASI PEMBUATAN KOOMPOS AN AEROB



        Bertempat di aula kantor Desa Candimulyo, tanggal 13 Maret 2014 diadakan Sosialisasi Pembuatan Kompos An Aerob, oleh TP.PKK Pokja III, Kecamatan Dolopo, yang dihadiri langsung oleh ketua TP.PKK Kecamatan Dolopo dan peserta dari TP.PKK Desa Candimulyo.
Kelebihan metode ini diantaranya bisa diterapkan dalam skala yang amat kecil (sampah organik dapur), bahan pengomposan sampah organik bisa dicacah maupun tidak, tidak memerlukan pembalikan/pengadukan bahan selama proses pengomposan, murah/tidak memerlukan perlatan yang mahal, tidak menyebarkan bau, tidak mendatangkan lalat dan dapat menghasilkan pupuk padat (kompos) dan pupuk cair. Pembuatan kompos dimulai dengan menyiapkan alat dan bahan berupa gentong/ember plastik tertutup yang diberi kran. Pertama kita isi sak/keranjang jala plastik dengan sampah organik dapur (bisa dicacah atau tidak), kemudian disemprot dengan cairan EM4 dimasukkan dlam komposter dan ditutup. Proses pengomposan telah bekerja dan mulai hari ke 15 timbul bau dan menghasilkan cairan licit, biasanya pengomposan akan sempurna setelah 15 hari. Pemasukan sampah kedalam komposter bisa terus dilakukan setiap hari. Pemanenan kompos dilakukan setelah 1,5 bulan, diambil tumpukan kompos paling bawah kemudian dijemur, setelah kering Pupuk Organik Padat ini bisa dicampur dengan media tanam.
Diharapkan dengan sosialisasi ini kader PKK dapat menerapkannya sehingga dapat memanfaatkan sampah yang tidak berguna menjadi pupuk yang sangat berguna.




Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy paste-berita, artiel, maupun tips dari "Pujapo Jaya" jika artikel, berita dan tipz-tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan