Senin, 08 April 2013

Masa Emas Balita dalam BKB (Bina Keluarga Balita)


Masa Emas Balita (dalam BKB)
Masa-masa pada rentangan usia dini merupakan masa emas. Perkembangan fisik, motorik, intelektual, emosional, bahasa dan sosial berlangsung dengan sangat cepat. Dari lahir sampai kurang lebih dua tahun, perkembangan anak berkaitan dengan keadaan fisik dan kesehatannya.
Disinilah, dibutuhkan perlindungan orang dewas untuk memenuhi kebutuhan fisik dan kesehatannya lebih besar daripada masa-masa sesudahnya.
Secara yuridis, pendidikan anak usia dini, belum dipandang sebagai pendidikan yang penting. Hanya, secara teoritis diketahui, dampak intervensi kesehatan, gizi dan psikososial pendidikan terhadap perkembangan anak sangat besar.
Bloom (1964) menyebutkan, perkembangan mental (intelegensia, kepribadian, dan tingkah laku sosial), sangat pesat ketika anak masih berusia dini. Separo dari perkembangan intelektual anak berlangsung sebelum anak berusia 4 tahun. (*)
Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy paste-berita, artiel, maupun tips dari "Pujapo Jaya" jika artikel, berita dan tipz-tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan