Selasa, 28 Mei 2013

TANAMAN UNGGULAN DESA SULUK

Manfaat Tanaman Rambutan Baik Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Tanaman Rambutan Baik Untuk Kesehatan Tubuh - Buah rambutan memang enak rasanya, apalagi jika sudah sekali makan pasti akan ketagihan dengan rasa manis dan agak asamnya. Di Indonesia, buah rambutan banyak sekali ditemui di pasar-pasar buah tradisional dan bahkan jika telah tiba musim panen, banyak penjual yang menjajakan dagangan rambutan di tepi-tepi jalan raya.


Tanaman rambutan merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh di wilayah yang beriklim tropis seperti Indonesia, Afrika, Sri Lanka, Thailand, Malaysia, Karibia, Filipina, Kamboja dan Amerika Tengah. Tanaman ini termasuk dalam suku lerak-lerakan (Sapindaceae) dan memiliki nama latin Nephelium sp.. Karena pada buah rambutan bentuk kulit luarnya menyerupai rambut sehingga dinamakan rambutan.
Kulit buah rambutan memiliki rambut pada bagian luarnya yang disebut dengan eksokarp. Pada saat masih muda, kulit buah rambutan berwarna hijau dan berangsur-angsur menjadi kuning hingga menjadi merah saat sudah masak.
Tanaman rambutan banyak dibudidayakan untuk diambil buahnya, tetapi juga biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman pekarangan. Kandungan dalam buah rambutan banyak sekali seperti zat gizi, zat tepung, zat sejenis gula, asam amino, protein, besi, kalsium, fosfor, lemak, enzim dan vitamin C, yang kesemuanya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sedangkan pada bijinya banyak mengandung lemak, karbohidrat, protein dan polifenol, bagian daunnya megandung tannin dan saponin dan bagian kulit batang pohonnya mengandung tannin, saponin, flavonida, zat besi dan pectic substance.

Selain buah rambutan yang memiliki rasa yang enak dan lezat, juga terdapat manfaat dari tanamannya, daunnya, bijinya maupun buahnya yang dapat mengobati bermacam-macam penyakit. Karena adanya kandungan senyawa yang mampu mengobati berbagai penyakit.




Berikut beberapa manfaat dari tanaman rambutan yang dapat digunakan sebagai obat untuk kesehatan.

  • Manfaat kulit batang pohon rambutan mampu untuk mengobati sariawan.
  • Manfaat biji buah rambutan mampu mengobati kencing manis.  
  • Manfaat daun rambutan dapat dipakai untuk merawat kesehatan rambut
  • Manfaat kulit buah rambutan dapat dipakai untuk mengobati demam. 
  • Manfaat buah rambutan dapat mengobati penyakit disentri dan membunuh parasit dalam usus.
    Dan dalam buahnya banyak sekali yang kita dapatkan jika mengkonsumsi setiap hari, seperti : 
    1. Dapat menurunkan berat badan karena mengandung lemak rendah, sehingga baik untuk yang sedang berdiet.  
    2. Kandungan vitamin C nya dapat meningkatkan ketahanan tubuh, selain itu juga terdapat vitamin B3 dari niacin yang baik untuk tubuh kita.
    3. Kandungan zat besinya dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur kadar oksigen dan mencegah lelah serta letih karena anemia.
    4. Kandungan fosfornya dapat membantu memfilter kotoran yang ada di ginjal dan dapat membantu pertumbuhan, perbaikan serta pemeliharaan jaringan sel.
    Dan berbagai manfaat lainnya dari tanaman rambutan yang baik untuk kita.
  • Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy paste-berita, artiel, maupun tips dari "Pujapo Jaya" jika artikel, berita dan tipz-tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan