Selasa, 12 Februari 2013

GOOGLE DRIVE APAAN TUUUH


GOOGLE DRIVE?
APA DAN BAGAIMANA?

Saya kurang tau berapa banyak diantara anda yang saat ini sudah memanfaatkan "Cloud Storage" sebagai media alternatif atau media cadangan untuk menyimpan file-file penting yang anda miliki, entah itu file yang berhubungan dengan kerjaan anda, akademik anda, atau file apapun yang sebisa mungkin dapat terus terkoneksi dengan anda kapan pun dan dimana pun anda berada
Tapi klo saya nanya ke anda semua tentang "File Sharing", saya yakin sebagian besar diantara anda pernah menggunakannya, entah secara sadar atau pun nggak, karena saya yakin sekecil apapun, anda pasti pernah mendownload file dari salah satu File Sharing Online yang tersedia dirumah virtual kita ini, baik secara Free maupun berbayar.


Dan saat kita ngomongin "Cloud Storage", nggak bisa dipungkiri klo kelahiran "Cloud Storage" sedikit banyak, pasti terpengaruh dari banyak bermunculannya "File Sharing Online" yang bahkan beberapa diantaranya, berani membayar membernya untuk setiap file yang di download oleh orang lain, karena baik "Cloud Storage" maupun "File Sharing Online" sama-sama memberikan kemudahan kepada kita untuk melakukan penyimpanan File secara online.



Namun, sedikit berbeda dari "File Sharing Online" yang kebanyakan diantaranya hanya bisa anda gunakan untuk meng-upload, menyimpan dan men-download file, Selain menyediakan fitur "Sharing", "Cloud Storage" bisa dibilang sedikit lebih unggul untuk urusan Create dan Editing file, terutama jika itu adalah file-file yang berbentuk document, presentasi, dan sejenisnya. Bahkan kabar baiknya, beberapa penyedia "Cloud Storage" juga menyediakan layanan mobile mereka untuk para user smartphone dan tablet, diantaranya adalah Dropbox, SkyDrive, serta Google Drive.



Dan dari 3 layanan "Cloud Storage" tersebut, Google Drive adalah yang paling akhir muncul, karena seperti yang sama-sama kita tau, Google Drive baru mulai diperkenalkan kepada public sekitar 1 atau 2 minggu lalu. Dan dalam waktu yang relatif singkat itu, Google telah berhasil mendapatkan pasar tersendiri, berkat keputusan cepat mereka untuk menyatukan Google Docs yang sudah lebih dulu terkenal kedalam layanan Google Drive-nya ini.



Dan klo anda nanya ke saya, apa yang membuat banyak orang lebih memilih Google Drive? mungkin beberapa point berikut dapat anda jadikan sebagai jawabannya:



1. Karena para pengguna Google Drive, bisa saja adalah para pengguna Google Docs (yang saat ini telah terintegrasi dengan Google Drive).
2. Karena untuk layanan Free-nya, Google Drive memberikan ruang yang cukup banyak untuk file-file anda, yaitu sebesar 5 GB, bandingkan dengan Dropbox yang hanya memberikan space sebesar 2 GB.
3. Anda dapat mengakses file yang anda Upload dari manapun dan kapanpun hanya dengan koneksi Internet.
4. Tidak hanya mengizinkan anda untuk melakukan proses editing file secara online, Google Drive pun mengizinkan anda untuk membuat file baru, baik untuk disimpan secara online maupun untuk anda bagikan kepada orang lain hanya lewat Browser, bandingkan dengan Dropbox yang untuk melakukan proses editing dan create fila saja anda membutuhkan Aplikasi pihak ketiga.
5. Fasilitas file sharing juga tersedia, jika anda ingin menggunakannya, dan bisa saya bilang fasilitas ini sedikit banyak akan mulai mengubah pola sharing lokal via FTP yang selama ini masih banyak digunakan di Indonesia :)
6. Google Drive memberikan anda kemudahan dalam proses pencarian file, dengan menyediakan options pencarian file berdasarkan format file, tidak hanya berdasarkan nama file seperti para pesaingnya.



Dan untuk masalah kekurangannya, sampai saat ini Google Drive kebetulan tidak menyediakan fitur sharing photo, dan untuk melakukan sharing photo, anda hanya dapat memanfaatkan Picasa dan Google+, dan disinilah Dropbox dan Skydrive bisa dikatakan lebih unggul. Apalagi, integrasi Google Drive dengan Social Media bisa dikatakan cukup lemah :)



Dan untuk anda yang mungkin ingin melihat User Interface aplikasi Mobile mereka, berikut saya berikan Screenshoot penampakan Google Drive dari Gadget saya :)
sedangkan untuk daftar di Google Drive klic disini: Google Drive


Demikian semoga bermanfaat
Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy paste-berita, artiel, maupun tips dari "Pujapo Jaya" jika artikel, berita dan tipz-tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan