Kamis, 27 Juni 2013

KEGIATAN PENYULUHAN KB



                               “KEGIATAN PENYULUHAN”

Bekerjasama antara IPeKB ( Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana ) Indonesia, PT Bayer Indonesia, dan BKKBN mengadakan “Program Bhakti IPeKB LIBI” pada 400 kecamatan di 40 Kota dan 15 Propinsi. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut agar terdapat perubahan perilaku masyarakat supaya ada peningkatan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap masyarakat dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Juga Untuk mengedukasi masyarakat khususnya PUS (Pasangan Usia Subur) /WUS ( Wanita Usia Subur )tentang Kesehatan Reproduksi dan Alat Kontrasepsi Modern. Dan mendorong berperan aktif dalam program Nasional.
Dan salah satu kegiatannya ada di Dusun Krajan Desa Kradinan Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Yang dilaksanakan Hari Kamis tanggal 27 Juni 2013. Peserta yang hadir lebih dari 50 orang. Para peserta yang hadir mendapat dompet, bloknote, dan pulpen dari PT Bayer Indonesia. Sedangkan Kelompok Posyandu Krajan juga mendapat bantuan dana.
Materi diberikan oleh Catur Wibawanti,S.Sos sebagai Koordinator PLKB Kec Dolopo Kab Madiun.  Penyuluhan meliputi Pentingnya Kesehatan Reproduksi. Bahwa PUS harus memperhatikan kesehatannya secara keseluruhan termasuk diantaranya Kesehatan Reproduksi. Karena ini sangat berpengaruh bagi kwalitas hidup ibu maupun keluarga secara keseluruhan. Salah satu diantaranya supaya dihindari 4 T yaitu terlalu muda untuk hamil, Terlalu Tua , Terlalu sering, Telalu Banyak.
Agar hal tersebut dapat dihindari maka penggunaan Alat dan Obat Kontrasepsi perlu diketahui. Dan sekarang sudah banyak alternatif kontrasepsi bagi PUS. Baik yang MKEJ ( Metode Kontrasepsi Efektif jangka Panjang ) antara lain IUD/Spiral, Implant/Susuk, MOW/ steril wanita, MOP / Steril pria. Maupun yang non MKEJ antara lain suntik, pil, kondom. Dan ibu peserta juga mengetahui keuntungan dan kerugian dari masing-masing alat kontrasepsi tersebut.

Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy paste-berita, artiel, maupun tips dari "Pujapo Jaya" jika artikel, berita dan tipz-tips ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan